where people ngobrol joyce...

BAHNHOFSTRASSE The eyes that mock me sign the way Whereto I pass at eve of day. Grey way whose violet signals are The trysting and the twining star. Ah star of evil! star of pain! Highhearted youth comes not again Nor old heart`s wisdom yet to know The signs that mock me as I go. (james joyce)

Senin, 03 Desember 2012

BAB I : TELEMACHUS


 (Halaman: 13-19. Catatan hal:1-12 absen) 
Bagian I
Episode I
Mengaji Ulysses Hari ke:10
(Selasa, 29 Agustus 2006)

TELEMACHUS: Telemachus dalam novel Odyssey karya Homer adalah sebagai anak laki-laki dari perkawinan antara ayah Odysseus dan ibu Penelope.
Sore ini saya cukup bergembira, pasalnya saya bergabung dengan kelompok pembaca pemula. Khusus pembaca pemula ini dilakukan tiap hari Selasa selama 1,5 jam, dari pukul 17.30 sampai pukul 19.00. Mulai sekarang saya akan terus rajin mengikuti kelompok ini. Bukan saja mereka rata-rata masih asing terhadap karya Joyce, utamanya Ulysses, namun terasa ada semangat awal yang sama. Apakah saya akan terus mampu dan sabar hingga membaca sampai tiga tahun ke depan? Tak perlu dijawab sekarang. Yang penting saat ini melakukan sesuatu yang berhubungan dengan sastra. Dan Pak Senn, sebagai ahlinya Joyce termasuk orang yang langka, maka perlu ditimba ilmunya.
 Kelompok pemula ini membaca dari awal sekali pada bab: 1 (Telemachus). Sedikit sayang, karena saya absen dua minggu, maka bab:1 yang hanya berjumlah 17 halaman itu, saya akan kebagian ikut membaca bersama sejumlah 7 halaman terakhir, yakni dari halaman:13 sampai halaman 19. Lumayan lah, toh saya masih bisa mengikuti di bab Telemachus ini.
Sore ini orang yang datang sedikit berkurang. Saya hitung ada sekitar 16 orang, termasuk seorang ibu tua yang membawa kaca pembesar. 
Acara dimulai dan Pak Senn memberi sedikit pengantar, bila tema yang akan dibahas seputar beberapa model greeting dan farewell khas orang Irlandia.
Dimulai dari teks kalimat dialog:
-Have you your bill? We had better pay her, Mulligan, hadn`t we?   Stephen filled again the three cups.Sayang suara CD itu tidak sesuai yang diinginkan Pak Senn. Sebab itu dia minta maaf sembari bilang, sudah 20 menit saya persiapkan, ternyata masih salah. Akhirnya Pak Senn berhasil memperbaiki laptop dan CD bergema seperti biasanya. Harus saya katakan dialog dalam CD terasa ngebut, sehingga mata harus tetap melotot pada teks di buku. Sehabis mendengar CD, dilanjutkan dengan pembacaan dari kata ke kata dan menemukan sebuah lagu dua baris sebagai berikut:Heart of my heart, were it more,More would be laid at your feet.Beberapa kalimat sulit antara lain:Seriously, Dedalus.
-I`am stonyàbroken.
Ada pula kalimat yang bernada mengejek, misalnya:-All Ireland is washed by the gulfstream, Stephen said as he let honey trickle over a slice of the load.
-They wash and tub and scrubàThe british.
-ConscienceàKnowledge into middle english.
-the poor old creatureàtwo women.
-milkwomanàin good mood.
-MercurialàGod Hermes in part of Odyssey.
-Butterlyàsmall phonetic changes.
-Billy PittàWilliam Pitt, during the Napoleon.
-omphalosàbatu yang dianggap “pusar” dalam mitologi Yunani.Pada halaman:15 saya temukan nama Thomas Aquinas.Pada biografi Joyce filosof Italia ini sering disebut-sebut, disamping filosof Giovanni Batista Vico serta penyair Dante. Adalagi kalimat menarik:He proves by algebra that Hamlet`s grandson is Shakespeare`s grandfather and that he himself is the ghost of his own father.
-a sail tacking by the Muglinsàgroup of islands.
-He capered before them down towards the fortyfoot hole.
-caperedàto jump like a goat.
-fortyfoot holeàthere is a name of place.
-The ballad of joking JesusàLelucon.
Ada kalimat seperti ini:He walked on, waiting to be spoken to, trailing his ashplant by his side. Its ferrule followed lightly on the path.
-ferruleàtongkat khas Dublin.
*Pada saat itu Pak Senn mengambil tongkat dan dia bilang, ini tongkat khas Dublin. Pada pembacaan ini banyak gelak tawa dari para hadirin. Utamanya seorang cewek di samping kanan saya, paling sering tertawa. Saya duga, dia cewek asal Inggris atau setidaknya punya bahasa ibu bahasa Inggris. Hal ini terbukti dia lah yang paling cepat bereaksi, bila ada tema yang menarik. Reaksinya itu diperlihatkan dengan tawanya.Pada halaman-halaman ini tokoh Stephen Dedalus sering mendominasi pembicaraan. Misalnya kalimat seperti ini:
-It is mine. I paid the rentàStephen pays a rent.
-apostolic churchàkritik.
-Valentineànot human, but divine.
-chemistry of starsà(Pak Senn mengaku: Don`t know exactly).
-heresiarchsàleader.
-AriusàHoly Trinity.
-fleeingàrunning a way.
Ada kalimat yang menarik lagi:
-Of course I`am a Britisher, Haines`s voice said, and I feel as one. I don`t want to see my country fall into the hand of German jews either. That`s our national problem, I`am afraid, just now.
-to stowàto work hard.
-the father is rottoàenglish slang.
Joyce menyinggung karya Zarathustra dari Nietzsche dengan menyebut: Übermensch.
-I`m the Übermensch. Toothless Kinch and I, the supermen.-He who stealeth from the poor lendeth to the Lord. Thus spake Zarathustra.Sampai di sini pembacaan bab:1 berakhir. Pak Senn sambil menutup pertemuan itu bilang, pada bab:II nanti akan lebih sulit. Saya pun segera mengundurkan diri dan langit malam di akhir musim panas ini masih terang.*** 
diposkan 17 November 2007

Tidak ada komentar:

Posting Komentar