where people ngobrol joyce...

BAHNHOFSTRASSE The eyes that mock me sign the way Whereto I pass at eve of day. Grey way whose violet signals are The trysting and the twining star. Ah star of evil! star of pain! Highhearted youth comes not again Nor old heart`s wisdom yet to know The signs that mock me as I go. (james joyce)

Senin, 03 Desember 2012

Ulysses 5 Menit


Ulysses adalah sebutan dalam bahasa Inggris, sedang dalam bahasa Latin adalah Ulixes. Dalam bahasa Yunani disebut Odyssey. Odyssey merupakan sebuah epos novel karangan Homer yang terbit pada abad ke 7 SM. Secara garis besar diceritakan, seorang raja Ithaka bernama Odysseus, anak dari Laerte mempunyai istri bernama Penelope. Pasangan ini dikaruniai seorang anak lelaki bernama Telemachus. Odysseus melakukan perjalanan laut menuju Troja selama 10 tahun. Dalam perang Troja tersebut, Odysseus berhasil menang sebagai pahlawan dan membebaskan istrinya. Akan tetapi kapal yang ditumpangi mengalami salah arah.
James Joyce, lahir di Dublin, Irlandia tahun 1882 dan meninggal di Zürich, Switzerland tahun 1941. Pada tanggal 16 Juni 1904 dia jatuh cinta dengan Nora Bernacle, seorang pegawai Hotel. Kemudian pasangan muda ini merantau ke daratan Eropa antara lain, Triest, Roma (Italia), Zürich (Switzerland), Paris (Prancis). Joyce yang sejak usai 12 tahun terpesona karya Homer, yakni Odyssey mencoba mendekonstruksikan kisah kepahlawanan perang menjadi kisah cinta. Cintanya Joyce dengan Nora yang dibalut berbagai nasib khas perantauan dan nuansa kental kota kelahirannya Dublin telah mengilhami novel Ulysses. Dengan kata lain di tangan Joyce, Odyssey lahir kembali dalam wujud Ulysses yang penuh kecerdikan humaniora. Joyce yang sebagai guru bahasa Inggris dengan titel BA menaburkan berbagai temuan kreatif dari berbagai dialeks, bahasa dunia hingga kosa kata bunyi-bunyian untuk mengusung estetika rasa bahasa.
Pada Odyssey terdiri dari 24 bab, Joyce mereduksi dalam Ulysses menjadi 18 bab. Ke-18 bab tersebut dibagi sesuai struktur yang ada pada Odyssey. Misalnya: bab: 1 sampai bab: 3, merupakan tiga episode pembuka dimana tokoh Telemachus berperan. Bab: 4 sampai dengan bab: 15, merupakan 12 episode dimana Odysseus kesasar dalam mengarungi lautan. Bab: 16 sampai bab:18, merupakan tiga episode kembalinya raja Odysseus dari Troja ke Ithaka. Novel dengan ketebalan sekitar 600 halaman ini dikerjakan di beberapa kota selama perantauannya dan membutuhkan waktu selama 8 tahun (1914-1922). Pada saat pecah perang dunia I, Joyce tetap menulis, ketika perang dunia II berkecamuk dan pasukan Hitler masuk ke Paris, Joyce kembali ke Zürich hingga meninggal.
Adapun kisahnya dari bab ke bab kebanyakan menyerupai struktur dari Odyssey. Ada tiga tokoh utama, Stephen Dedalus, Leopold Bloom, dan istrinya Marion (Belakangan biasa dipanggil Molly Bloom). Pasangan antara Leopold Bloom dan Molly Bloom ini dikaruniai seorang anak perempuan bernama Milly Bloom.
Pada realitasnya, pasangan Joyce dan Nora mempunyai dua anak lelaki dan perempuan, yaitu Giorgio dan Lucia. Namun dalam Ulysses hanya disebutkan pasangan keluarga Bloom hanya punya seorang anak perempuan yakni Milly Bloom. Sebaliknya dalam Odyssey, pasangan Odysseus dan Penelope mempunyai anak lelaki bernama Telemachus. Dalam hal ini tidak selamanya Joyce memakai kisah anak istrinya dan susunan dalam keluarga Odysseus secara persis.
Ulysses akhirnya diterbitkan dalam bentuk cetak mewah sejumlah 1000 eksemplar oleh Sylvia Beach, perempuan Yahudi Amerika yang memiliki toko buku Shakespeare & Co di Paris. Saat itu tahun 1922, bertepatan dengan usia Joyce yang ke 40. Belakangan novel itu menjadi polemik, dianggap porno dan berujung dicekal peredarannya baik di Amerika maupun di Inggris. Ironisnya justru di Paris tiap tanggal 16 Juni hingga kini diperingati sebagai hari Bloomsday. Pada abad 20, Ulysses dinobatkan sebagai novel terbesar dunia. Joyce sebelumnya sudah menulis beberapa karya, namun yang paling menonjol ada empat karya yakni: Dubliners, A Portrait of The Artist As A Young Man, Ulysses, dan Finnegans Wake. 
(Sigit Susanto)
diposkan 16 November 2007

Tidak ada komentar:

Posting Komentar