where people ngobrol joyce...

BAHNHOFSTRASSE The eyes that mock me sign the way Whereto I pass at eve of day. Grey way whose violet signals are The trysting and the twining star. Ah star of evil! star of pain! Highhearted youth comes not again Nor old heart`s wisdom yet to know The signs that mock me as I go. (james joyce)

Rabu, 05 Desember 2012

James Joyce ABCD


James Joyce ABCD
Merupakan catatan pendek, ringan, dan singkat yang masih terkait dengan James Joyce dan karya-karyanya. Adapun perolehan catatan tersebut berasal dari berbagai sumber baik karya-karyanya maupun dari sekunder literatur.
BBB
BECKET
Becket berkawan dengan Joyce selama 19 bulan (1928-1930) di Paris. Joyce minta Becket nerjemahkan karyanya ANNA LIVIA PLURABELLE ke dalam bahasa Prancis dan berhasil. Hubungan Becket dan Joyce retak, gara-gara Becket bilang kepada anaknya Joyce: Lucia, bahwa ia tidak suka Lucia secara romantis.
(Sumber: James Joyce A to Z: A.Nicholas Fargnoli & Michael Patrick Gillespie)
*
Bahnhofstrasse

The eyes that mock me sign the way
Whereto I pass at eve of day.

Grey way whose violet signals are
The trysting and the twining star.

Ah star of evil! star of pain!
Highhearted youth comes not again

Nor old heart`s wisdom yet to know
The signs that mock me as I go.
(James Joyce)
*Sebuah puisi yang ditulis Joyce saat bermukim di kota Zürich, Switzerland. Bahnhofstrasse adalah sebuah jalan paling ramai di kota Zürich, banyak toko-toko mahal.
(Sumber: Google)
*
DDD
DUJARDIN
Joyce bercerita kepada kawannya, Frank Budgen di apartemen Joyce, jalan Universitätstrasse, Zürich, Swiss, “Aku mencoba menghadirkan ulang metode igauan dari orang-orang yang tanpa ucapan dan belum laju, muncul kembali. Tapi aku bukan orang pertama yang mencoba ini. Aku pernah membaca karya Dujardin.  Tahukah Anda dengan Dujardin? Sayang.”
(Sumber: Frank Budgen: James Joyce und die Entstehung des “Ulysses”)
*
DAVY BYRNES PUB
Sebuah kafe terletak di Duke Street.  Joyce pada 16 Juni 1904 berhenti dan mampir di kafe ini. Dalam Ulysses tokoh Bloom membeli Sndwich dan es krim di Davy Byrnes Pub.
(Sumber: Frank Budgen, James Joyce und die Entstehung des “Ulysses”)
*
FFF
Finnegans Wake
JAMES JOYCE marah karena karyanya dan biografinya dibajak oleh Irene Kafka. Karya tersebut dimuat di koran Jerman Frankfurter Zeitung (1931). Joyce berniat menyewa pengacara di Inggris, namun mahal. Untuk menambal kegundahannya, maka kesempatan terakhir yang bisa ia lakukan, menyelundupkan protesnya dalam karya terakhirnya Finnegans Wake (Hal:70):…..and swobbing broguen eeriesh myth brockendootsch, making his reportage on Der Fall Adams for the Frankofurto Siding, a Fastland payrodicule, and er, consstated that one had on him the Lynn O`Brien, a meltoned lammswolle, disturbed, …and wider he might the same zurichschicken other he would….
OOO
ODYSSEY
Joyce bilang, tema yang paling mencengkeram adalah Odyssey. Jauh lebih manusiawi daripada Hamlet, Don Quixote, Faust. Faust muda dan tua tak nyaman. Dante cepat capai, seperti orang kepanasan matahari. Ketika aku berusia 12 tahun, masih di bangku sekolah, diterangkan perang Troya, tapi Odyssey yang tetap menjadikan idolaku. Sejak usia 12 tahun itu aku sudah tergiur mistik Ulysses.
(Sumber: Buku Bacaan James Joyce: Das James Joyce Lesebuch)
*
SSS
SCRIBBLEDEHOBBLE:
sebuah judul buku catatan harian yang disusun Joyce th 1922, terutama saat awal menulis Finnegans Wake. Di dalamnya berisi catatan tentang bab pada cerpen Dubliners dan konsep pembuatan novel Finnegans Wake. Buku ini kini disimpan di The Lockwood Memorial Library of the State University of New York, Buffalo
(Sumber: James Joyce A to Z, A Nicholas Fargnoli & Michael Patrick Gillespie)

Piper! Mr Best piped. Is Piper back? Peter Piper pecked a peck of pick of peck of pickled pepper. -I don`t know if I can. Thursday. We have our meeting. If I can get away in time. (Sumber: Ulysses, hal: 157, edisi Penguin)

The schoolmen were schoolboys first, Stephen said superpolitely. Aristotle was once Plato`s schoolboy. (Sumber: Ulysses, hal: 152, penguin edition)

diposkan 20 November 2009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar