where people ngobrol joyce...

BAHNHOFSTRASSE The eyes that mock me sign the way Whereto I pass at eve of day. Grey way whose violet signals are The trysting and the twining star. Ah star of evil! star of pain! Highhearted youth comes not again Nor old heart`s wisdom yet to know The signs that mock me as I go. (james joyce)

Rabu, 05 Desember 2012

Walter Kempowski: Penulis yang Tidak Menulis

Walter Kempowski: Penulis yang Tidak Menulis

Usai mengikuti Reading Groups Ulysses di Yayasan James Joyce di Zürich, kutemukan di atas meja sebuah selebaran. Selebaran itu mewartakan, setengah jam lagi akan ada sebuah ceramah dari Jörg Drews, universitas Bielfeld. Ia akan membicarakan tentang “Bloomsday 1997 dari Walter Kempowski.” Kesempatan emas itu saya gunakan, setelah saya istirahat di luar sebentar. Acara ceramah di ruang sebelah ruang Reading Group itu dihadiri sekitar 13 orang. Bloomsday adalah hari peringatan setiap tahun pada tanggal 16 Juni untuk mengenang tokoh Bloom Molly pada Ulysses. Tanggal tersebut berdasar kisah cinta nyata antara Joyce dan Nora, istrinya dalam Ulysses di Dublin pada 16 Juni 1904. 






Siapa sebenarnya Walter Kempowski? 


Kempowski adalah sastrawan Jerman yang dikenal punya keahlian unik, yakni membuat kliping berita dari media massa dan dijadikan karya sastra. Lebih jauh ceramah sore itu Jörg Drews menerangkan, pada saat tentara Hitler masuk Moskow, Kempowski mengumpulkan berita dari berbagai sumber media cetak maupun elektronik. Kumpulan klipingnya dia kerjakan dengan sentuhan sastra dan tak satu kata pun yang berasal dari pendapatnya sendiri. Akhirnya karya kliping tersebut menjadi sebuah bentuk karya sastra baru yang medekati seni instalasi.Demikian pula, pada peringatan Bloomsday tanggal 16 Juni 1997. Karena nama Joyce denganUlysses-nya begitu mendunia, niscaya perhatian umum sangat besar pada peringatan Bloomsday. Kempowski dengan sengaja mencatat semua berita maupun komentar dari 37 kanal TV berbahasa Jerman, Perancis dan Spanyol. Luar biasa, dalam waktu semalam, dia bisa mengumpulkan berbagai pendapat masyarakat, kritikus sastra tentang satu tema Bloomsday. Kempowski tidak mengadakan perencanaan sebelumnya atau ingin berusaha tahu teks yang akan ditayangkan. Dia secara spontan saja dalam semalam itu mengumpulkan berita khusus Bloomyday. Hasilnya dia tulis ulang dengan mengutip berbagai sumber di TV dan satu kata pun tidak ke luar dari pikirannya sendiri. Semua pendapat berasal dari orang lain. Menurut Jörg Drews, kualitas buku hasil berita TV yang diberi judul Ulysses `97 versi Kempowski itu cukup berbobot. Dengan kata lain dia bilang, ini lah sastrawan yang tidak menulis berdasar pikirannya sendiri, tapi menulis pendapat orang lain.

Ceramah selama satu jam itu diteruskan dengan tanya jawab sekitar setengah jam. Buku karya Kemposwki saya lihat dari kejauhan, tebalnya kurang lebih sama dengan Ulysses. Malam itu saya pulang sambil masih menyimpan rasa, ada juga sastrawan menulis bukan menggunakan pendapatnya sendiri, tapi pendapat orang lain.

diposkan 17 September 2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar